Berita Terbaru Mual dan muntah saat awal kehamilan adalah sesuatu yang wajar terjadi. penyebab dari rasa mual yang mengakibatkan muntah saat awal kehamilan ini bermacam – macam. Ibu hamil muda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa mual dan muntah tersebut. Selain memiliki riwayat penyakit asam lambung, meningkatnya hormon estrogen juga bisa menjadi salah satu alasan kuat kenapa ibu hamil sering mengalami mual dan muntah.

Hormon estrogen ini sangat mempengaruhi kondisi asam lambung kita. Saat asam lambung meningkat maka timbullah rasa mual. Hormon estrogen ini biasanya akan banyak dikeluarkan saat pagi hari, oleh sebab itu ibu hamil muda biasanya akan lebih mudah mengalami rasa mual dan muntah saat pagi hari. Dengan rasa mual yang seperti itu membuat para wanita hamil muda enggan untuk mengkonsumsi apapun. Untuk mengatasi rasa mual pada awal kehamilan anda dapat menggunakan berbagai cara alami. Cara alami seperti apa yang dapat mengatasi rasa mual pada awal kehamilan? Yuk simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda Dengan Cara Yang Alami

Makan dalam Jumlah Sedikit
Mungkin banyak yang beranggapan bahwa saat hamil, kita harus banyak makan karena kita makan tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungan kita. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, sebab, meskipun hamil kita tidak perlu makan sampai 2 porsi, sebab makan dalam porsi yang besar justru akan memicu rasa mual, apalagi pada kehamilan muda. Makanlah dalam porsi yang sedang atau kecil.

Jauhi Makanan Penambah Rasa Mual
Jika Anda seringkali mengalami mual saat awal kehamilan ini, sebaiknya hindari makanan-makanan yang justru akan semakin menambah rasa mual tersebut. Makanan-makanan penambah rasa mual ini di antaranya: makanan berlemak, makanan berminyak, dan makanan pedas.

Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C
Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan bermanfaat untuk menetralisir rasa mual yang Anda rasakan selama masa awal kehamilan. Buah kaya vitamin C ini berbagai macam, seperti jeruk, apel, buah pir, dan sebagainya. Meski vitamin C baik untuk menetralisir rasa mual, tapi jika Anda memiliki asam lambung yang tinggi sebaiknya tidak memilih buah yang terlalu asam.

Minum Jahe Hangat atau Teh Peppermint
Sejak dulu, jahe sudah dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya mual. Ketika Anda merasa mual, minumlah jahe hangat untuk meredakan rasa mual anda. Jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Selain jahe, anda juga bisa meminum teh peppermint. Mint mengandung menthol yang bisa memberi rasa lega di tenggorokan dan memberi sensasi dingin di usus. Hal ini akan membantu Anda mengurangi rasa mual saat kehamilan.

Nah itulah sedikit informasi mengenai tips mengatasi rasa mual saat hamil muda dengan cara alami dari kami. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

admin Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *